• asiathemes[at]gmail[dot]com
  • (2)245 23 68

Daftar 3 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata di Kalimantan Timur
admin      0

Daftar 3 Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Pesona Wisata Kalimantan Timur

Sebagai wilayah yang familiar dengan buatan minyak dan kayu terbesar ke-dua di Indonesia, tidak sedikit juga daya tarik wisata dari mulai alam hingga bahari yang bisa ditemukan di Kalimantan Timur. Seperti halnya lokasi wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatanyang menarik, Kalimantan Timur pun menyimpan tidak sedikit pesona wisata beda yang tak kalah eloknya. Berikut ialah daftar lokasi wisata di Kalimantan Timur:

1. Kawasan Wisata Bukit Bingkirai

Bukit Bingkirai ini mulai sah beroperasi pada tahun 1998 dan adalah wisata hutan hujan tropis alami yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Letaknya di sekitar Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara atau selama 58 km dari kota Balikpapan. Kawasan ini mempunyai luas sebesar 1.500 hektar, wisatawan dapat merasakan sejuknya hutan hujan tropis yang rimbun dan segar dengan hamparan pemandangan serba hijau yang menyejukkan mata. Terdapat vegertasi anggrek hutan liar, buah-buahan tropis, dan pohon bangkirai dengan usia lebih dari 150 tahun dan tinggi 50 meter yang menjadi maskot Kalimantan Timur.

Bukit Bangkirai memiliki pesona dengan adanya suatu jembatan mempunyai nama Jembatan Tajuk yang terbentang sepanjang 64 meter diatas elevasi 30 meter. Jembatan kanopi ini menghubungkan 5 pohon bangkirai besar dandiciptakan oleh arsitek asal Amerika Serikat di negara asalnya. Jembatan kanopi ini ialah yang kesatu di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Wow, sungguh spektakuler menakjubkan bukan. Untuk dapat naik dan berlangsung meniti jembatan ini, wisatawan dikenakan tarif Rp 15.000guna lokal Rp 30.000 guna turis mancangera. Dari jembatan ini, wisatawandapat menyaksikan indahnya susunan Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae yang adalah ciri dari hutan hujan tropis yang estetis dan saling sambung menyambung.

2. Goa Losan

Goa Losan ialah objek wisata menarik yang hanya dapat ditemukan di Kalimantan Timur. Dilansir situs Agen Judi Bola Online Goa Losan yang dalam bahasa wilayah setempat berarti goa tembus, sedang di poros jalan lintas Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam. Masuk ke goa ini laksana menyelam di perut bumi yang menyimpan harta berupa perhiasan batu-batuan alam dengan format unik, mengherankan dan menakjubkan. Wisatawan dapatmenginjak goa ini, tetapi harus diberikan panduan oleh juru kunci atau petugas terlatih dari Dinas Pariwisata setempat. Penerangan di dalam goa hanyalah senter atau obor. Penerangan yang minim ini malah makinmeningkatkan sensasi petualangan menarik dan menegangkan di dalam goa ini. Di dalam goa, terdapat sumber air, barisan batu alam yang andai dipukul dapat mengeluarkan bunyi teratur serupa alat musik sampai-sampai disebut batu bernada, sarang burung walat, dan batu mumi.

Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Goa ini paling luas dan berkelok-kelok sampai-sampai bila wisatawan nekat hendak menyusuri goa ini hingga tuntas, masa-masa yangdiperlukan tidak tanggung-tanggung, yakni 10 hari! Harga tiket masuk ke goa ini paling murah melulu Rp 5.000/orang. Konon di dalam goa ada tembusan-tembusan dari lokasi satu ke lokasi lain yang berupa serambi-serambi yang lumayan luas.

3. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit ialah objek wisata yang terletak di Kabupatan Paser. Liang Mangkulangit atau disebut pun Goa Mengangkat Langit ialah sebuah gunung batu yang kegunaannya menjadi dinding dana tap untuk Sungai Kandilau. Kemegahan dinding batu dan tebingnya yang tinggi sungguh menawan mata, lagipula kawasan ini masih alami sampai-sampai areal hutannyatidak sedikit dihuni oleh satwa-satwa binal dan pohon-pohon tropis yang indah. Bebatuan di sepanjang Liang Mangkulangit ini tidak sedikit ditumbuhi lumut hijau dengan dekorasi alami cucuran air yang jatuh di sela bebatuan sehingga memunculkan pemandangan eksotis yang menakjubkan.

Untuk mengarah ke ke area ini, dari Kota Balikpapan diperlukan waktusekitar 5 jam. Pengunjung bisa mencapai area ini dengan mencarter perahu motor yang mengarah ke ke arah hulu sungai lokasi liang ini berada dengan masa-masa tempuh tidak cukup lebih sekitar 10 menit.

Leave a Reply